Rekomendasi 10 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa Ramadan

Buah-buahan

ZonaBerita.id – Saat berpuasa, enzim yang dihasilkan sistem pencernaan berkurang secara perlahan. Sama halnya dengan perubahan fungsi enzim pada tubuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah ketika berbuka puasa sangat disarankan karena baik untuk kesehatan.

Buah sangat baik bila dijadikan salah satu menu ketika berbuka puasa, karena mampu mengembalikan cairan, energi dan elektrolit tubuh yang hilang. Sebab, buah merupakan sumber air, glukosa, vitamin dan mineral yang baik.

Dari sekian banyak buah-buahan, berikut buah-buahan terbaik yang bisa dijadikan salah satu menu ketika berbuka puasa:

1) Kurma

Buah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bila telah memasuki bulan Ramadan.

Kurma dikenal sebagai buah yang mengandung banyak serat, protein, mineral dan padat kalori yang dapat membuat tubuh kembali berenergi setelah berpuasa seharian.

2) Semangka

Semangka dikenal dengan kandugan air di dalamnya yang melimpah dan sangat cocok apabila dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Dengan mengonsumsi semangka, tubuh akan mendapatkan suplay vitamin, mineral dan senyawa antioksidan sehingga mampu menyeimbangkan elektrolit.

3) Apel

Walaupun kandungan air yang dimiliki tidak sebanyak semangka, apel mengandung serat yang baik untuk kesehatan.

Serat yang dimiliki apel akan membantu menyiapkan organ pencernaan dalam menerima makanan yang lebih padat.

4) Jeruk

Jeruk memiliki kandungan yang sebagian besar karbohidrat, air dan gula dalam bentuk glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Walaupun tinggi akan kandungan gula, jeruk tidak menaikkan gula darah secara cepat, jadi aman untuk penderita diabetes.

5) Anggur

Alternatif selanjutnya yang baik untuk dijadikan menu berbuka puasa adalah buah anggur. Buah yang memiliki rasa segar dan manis ini bisa mengembalikan cairan dan gula yang hilang selama berpuasa.

Di sisi lain, kandungan air dan serat yang dimiliki oleh buah anggur dapat membantu mencegah sembelit.

6) Stroberi

Pilihan buah selanjutnya untuk dijadikan menu ketika berbuka puasa adalah stroberi.

Buah ini bermanfaat dalam mengontrol gula darah dan memperlambat pencernaan glukosa. Sehingga mengonsumsi stroberi saat berbuka puasa, dapat memperoleh asupan gizi dan cairan tanpa khawatir risiko gula darah naik.

7) Pisang

Mengonsumsi pisang saat berbuka puasa bermanfaat untuk mengembalikan energi yang telah digunakan selama berpuasa dan menyeimbangkan elektrolit yang mungkin mengalami perubahan karena berpuasa. Karena pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium.

8) Mangga

Buah mangga merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk dijadikan menu berbuka puasa, karena mangga dapat membantu mengembalikan cadangan vitamin dan mineral.

Pada satu potong buah mangga mengandung 257 gram kalium dan bisa memenuhi 25% dari kebutuhan vitamin A dan 76% vitamin C.

9) Belimbing

Siapa sangka bahwa belimbing tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga kaya akan antioksidan quercetin, asam galat dan epikatekin.

Ragam kandungan antiosidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, meredakan peradangan dan menurunkan kadar kolesterol darah.

10) Alpukat

Berbeda dengan buah-buahan lain yang tinggi kandungan karbohidrat, buah alpukat justru tinggi akan kandungan lemak sehat.

Alpukat juga kaya akan kandungan serat, kalium dan magnesium. Sehingga mengonsumsi alpukat secara rutin membantu mengembalikan energi yang berkurang karena berpuasa.

Baca juga: Mengonsumsi Buah Alpukat, Ternyata Bisa Turunkan Kolestrol dan Gula Darah

Mengonsumsi buah-buahan ketika berbuka puasa memang sangat baik, karena buah-buahan termasuk salah satu bahan makanan yang menyehatkan.

Dalam buah-buahan mengandung air, vitamin, mineral dan ragam zat gizi yang kemungkinan hilang selama berpuasa.

Guna menjaga kandungan gizi dan manfaat yang terdapat pada buah, alangkah baiknya mengonsumsi buah-buahan dalam kondisi yang segar.

Konsumsi juga buah-buahan lain, karena sejatinya buah merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *